You need to enable javaScript to run this app.

Multimedia

  • Jum'at, 11 Februari 2022
  • Superadmin SMK AnMa
  • 0 komentar

Multimedia, Belajar Apa?

image article
Photo by Onur Binay on Unsplash

Mengacu pada KBBI, pengertian multimedia adalah penyediaan informasi pada komputer yang menggunakan suara, grafika, animasi, dan teks. Multimedia merupakan gabungan lebih dari satu media yang digunakan untuk menyampaikan atau memberikan informasi. Contoh multimedia mencakup animasi, musik, video, foto, gambar, maupun teks.

Belajar multimedia itu bisa dilakukan sejak sekolah. Iya, Sobat. Multimedia merupakan salah satu Kompetensi Keahlian di SMK, pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika, Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi. Nah, kalau bertanya Jurusan Multimedia ngapain aja, jawabannya akan sangat tergantung di mana dan berapa lama kita belajar multimedia.

Jurusan Multimedia adalah salah satu jurusan di SMK yang mempelajari tentang penggunaan komputer. Belajar multimedia di SMK berarti kita belajar bagaimana menyajikan data dalam bentuk suara, animasi, teks, gambar, maupun video. Materi Jurusan Multimedia di SMK mengharuskan kita menggunakan berbagai macam tools, seperti Adobe After Effect, CorelDraw, Freehand, Adobe Photoshop, atau yang lain.

Mata pelajaran SMK Multimedia antara lain Simulasi dan Komunikasi Digital, Sistem Komputer, Komputer dan Jaringan Dasar, Pemrograman Dasar, Dasar Desain Grafis, Desain Grafis Percetakan, Desain Media Interaktif, Animasi 2D dan 3D, Teknik Pengolahan Audio dan Video, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, multimedia dibagi menjadi dua jenis yaitu diantaranya Multimedia Linier serta Multimedia Interaktif. Multimedia Linier adalah multimedia yang berjalan tanpa dilengkapi dengan alat pengontrol atau dapat dioperasikan pengguna. Misalnya pada film dan televisi.

Sementara itu, Multimedia Interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga terjadi interaksi dengan pengguna. Contohnya adalah pada game atau pembelajaran secara multimedia. Multimedia jika didasarkan kepada penggunaannya juga terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Multimedia Communication dan Multimedia Content Production. Pengertian dari Multimedia Communication adalah penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Media yang digunakan diantaranya adalah TV, radio, film, game, musik, entertainment, tutorial, internet, hingga media cetak. Dengan adanya Multimedia Communication ini akan mempermudah pengguna dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi.
  2. Multimedia Content Production merupakan penggunaan beberapa media yang berbeda seperti di antaranya pada teks, animasi, audio, video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk menghasilkan produk multimedia, seperti diantaranya pada musik, game, film, entertainment, dan lainnya. Media yang digunakan dalam Multimedia Content Production di antaranya adalah Media tulisan (Teks), Media Animasi, Media Efek Khusus (Special Effect), Media Suara (Audio), Media Video, Media Gambar (Grafik), dan Media Interaktif (Interactivity).

 

Sumber Tulisan: 

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-multimedia-dari-sekolah-sampai-kuliah-kepo-dulu-baru-buru
https://www.gramedia.com/literasi/jurusan-multimedia/

Bagikan artikel ini:
MUSLIMIN, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut…

Berlangganan
Banner